PERAN PUBLIK RELATIONS UNTUK PEMERINTAHAN
- memberi informasi konstituen tentang aktivitas agen pemerintah.
- memastikan kerjasama aktif dalam program pemerintah; voting, curbside recycling, dan juga kepatuhan kepada program aturan-kewajiban menggunakan sabuk pengaman, aturan dilarang merokok.
- mendorong warga mendukung kebijakan dan program yang ditetapkan; sensus, program pengawasan keamanan lingkungan, kampanye penyadaran akan kesehatan personal, bantuan untuk upaya pertolongan bencana.
- melayani sebagai advokat publik untuk administrator pemerintah; menyampaikan opini publik kepada pembuat keputusan, mengelola isu publik didalam organisasi serta meningkatkan aksesibilitas publik ke pejabat administrasi.
- mengelola informasi internal; menyiapkan newsletter organisasi, pengumuman elektronik, dan isi dari dari situs internet organisasi untuk karyawan.
- memfasilitasi hubungan media-menjaga hubungan dengan pers lokal; bertugas sebagai saluran untuk semua pertanyaan media; memberitahu pers tentang organisasi dan praktiknya serta kebijakannya.
- membangun komunitas dan bangsa; menggunakan kampanye kesehatan publik dengan dukungan pemerintah dan program keamanan publik lainnya serta mempromosikan berbagai program sosial dan pembangunan.
FUNGSI PUBLIK RELATIONS BAGI PEMERINTAHAN
1. Pembinaan hubungan antar departemen,
lembaga negara dan lembaga masyarakat.
Pengumpulan, pengolahan dan penyusunan bahan kebijakan dan pelaksanaan kegiatan departemen untuk informasi kepada masyarakat.
Pengumpulan, pengolahan dan penyusunan bahan kebijakan dan pelaksanaan kegiatan departemen untuk informasi kepada masyarakat.
2. Pembinaan hubungan kerjasama media massa
dan pembinaan jabatan/pranata kehumasan.Mengamankan kebijaksanaan pemerintah.
3. Memberikan pelayanan dan menyebarluaskan
pesan/informasi mengenai kebijaksanaan dan hingga program-program kerja secara
nasional kepada masyarakat.
Menjadi komunikator dan sekaligus sebagai mediator yang proaktif, dalam menjembatani kepentingan instansi pemerintah di satu pihak dan menampung aspirasi serta memperhatikan keinginan-keinginan publiknya di lain pihak.
Menjadi komunikator dan sekaligus sebagai mediator yang proaktif, dalam menjembatani kepentingan instansi pemerintah di satu pihak dan menampung aspirasi serta memperhatikan keinginan-keinginan publiknya di lain pihak.
4. Berperan serta dalam menciptakan iklim
yang kondusif dan dinamis demi mengamankan stabilitas dan keamanan politik
pembangunan nasional, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN MEMILIKI HUMAS SENDIRI ADALAH SEBAGAI BERIKUT:
a)
Adanya kedekatan team (team membership), yang merupakan
keuntungan terbesar.
b)
Pengetahuan mengenai perusahaan yang lebih baik.
c)
Efisiensi perusahaan. Dapat menekan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.
d)
Ada ketika dibutuhkan (iavailability). Biasanya selalu siaga dan dapat
bertindak cepat terutama
sekali dalam keadaan sulit.
e)
Kelemahan yang sering terjadi dengan memiliki humas sendiri (internal) adalah
dapat menimbulkan kecenderungan berkurangnya objektivitas staf humas internal.
Macam-macam bentuk jasa yang disediakan
SECARA UMUM BENTUK PELAYANAN JASA KONSULTAN ADALAH:
- Pemberian jasa konsultatif seperti pemberian nasihat
- Layanan jasa terintegrasi yang luas dalam bentuk eksekusi dalam bantuannya terhitung dari perencanaan konsep hingga penyelesaian program kerja.
- Gabungan dari jasa konsultatif dan eksekusi, hingga evaluasi program kerja humas.
JENIS PENCIPTAAN DAN KREATIVITAS
Pelayanan penciptaan dan kreativitas bidang jasa
kehumasan, yaitu:
- Penciptaan desain logo, kreativitas nama perusahaan atau produk.
- Pelaksanaan kampanye promosi di media cetak dan media elektronik
- Perencanaan dan penerbita media internal
- Perencanaan dan pembuatan serta merancang seragam karyawan
- Meyelenggarakan kegiatan perencanaan ajang khusus
- Menyelenggarkan kegiatan acara-acara perkenalan akan produk/ isyu terhadap publiknya dan juga acara keramaian lainnya yang menitik beratkan pada acara-acara yang bersifat mengumumkan.
- Melakukan riset dan pengembangan riset
- Mengantisipasi, menangani krisis dan hingga pemulihan krisis.
No comments:
Post a Comment